Select Menu

clean-5

" });

Wisata

Entri Populer

Kuliner

" });

Kerajaan

kota

Suku

» » H. Harun Keusyik Leumiek Koleksi Benda Benda Bersejarah

Pideung

Sosok Harun Keuchik Leumik adalah sosok yang komplit, multi dimensi. Beliau sebagai pemilik toko emas terkenal di Aceh. Setelah mempelajari beberapa catatan perjalanan hidup beliau, tidaklah berlebihan jika beliau sebagai seniman, budayawan, kolektor, pengusaha, wartawan. dan sekaligus  tokoh masyarakat Aceh.
Haji Harun Keuchik Leumik lahir di Banda Aceh pada tanggal 19 September 1942. Pendidikan formal beliau adalah Fakultas Ekonomi Universitas Syiah Kuala sampai Semester I. Selanjutnya, ilmu bisnis beliau pelajari  dengan terjun langsung dalam bisnis keluarga.
Sejak tahun 1950-an pria yang mengoleksi benda-benda bersejarah ini telah memiliki usaha kerajinan emas dan toko emas. Dunia tulis menulis beliau tekuni sejak tahun 1970-an dengan menjadi wartawan Mimbar Swadaya  di Banda Aceh, Wartawan Harian Mimbar Umum Medan, dan Wartawan Harian Analisa Medan, yang hingga kini masih ditekuninya sampai sekarang.
 Minat beliau pada barang-barang kuno mulai diwujudkan dengan mengumpulkan benda-benda antik dan bersejarah terutama benda-benda peninggalan Aceh sejak tahun 1980. Salah satu koleksinya pernah dipakai Chritine Hakim pada pembuatan film Cut Nyak Dhien yang disutradarai Eros Djarot.
Ricong
Budayawan dan sejarahwan Aceh  yang juga sebagai seorang kolektor dan penyelamat benda bersejarah Aceh ini tercatat telah mengoleksi 300 lebih jenis perhiasan kuno yang terbuat dari emas Aceh.Selain emas kuno, Harun Keuchik Leumik juga mengoleksi 30 kain sutera Aceh, 13 stempel kerajaan Aceh, lima Al-Quran tulisan tangan dari abad 13, senjata tajam sebanyak 100 an buah, dan 600 buah koin kerajaan Aceh
Karah
 Semua barang berharga yang dikumpulnya selama 30 tahun itu disimpannya di Museum Mini miliknya. Tujuannya agar anak cucunya kelak bisa melihat warisan leluhur Aceh.
 “Saya ingin anak-anak kita terutama kaum muda Aceh, belajar dan menghargai seni dan budaya Aceh melalui benda-benda seni yang seperti saya koleksi ini,” tuturnya singkat kepada media ini.

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply

Kerajaan