Select Menu

clean-5

" });

Wisata

Entri Populer

Kuliner

" });

Kerajaan

kota

Suku

» » Potensi Wisata Sabang Beragam Pesona


Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas Sabang mempunyai letak yang relatif dekat dengan zona pariwisata Asia Tenggara yaitu Phuket, Thailand dan Langkawi, Malaysia.
Selain itu memiliki 30 lokasi wisata dengan objek wisata bahari, wisata agro sampai bangunan bersejarah (benteng dan heritages). Namun daya tarik utama yang ditawarkan adalah pariwisata bahari disamping wisata lainnya. Karena alam bawah lautnya yang menyimpan berjuta keindahan sehingga dijuluki sebagai satu surga bawah air di khatulistiwa.
 
            Berbagai objek wisata di Kota Sabang yang memiliki potensi untuk dikembangkan yaitu:
  1. Kilineter  “0”
Kilometer ”0” merupakan salah satu objek wisata di Kota Sabang yang terletak di Kecamatan Sukakarya dengan luas area 120m2 dengan jarak dari pusat kota sekitar 32 Km.
  1. Gapang
Gapang terletak di Kecamatan Sukakarya dengan luas area 100m2 dengan jarak dari pusat kota sekitar 19 Km. Di Gapang terdapat Taman Laut Pulau Rubiah dan hutan wisata dengan luas area 1300m2. Disamping itu masih tersedia lahan yang cukup luas untuk berivestasi di pariwisata
  1. Gua Sarang
Gua sarang merupakan salah satu objek wisata di kawasan Sabang yang terletak di Kecamatan Sukakarya dengan luas area 100m2 dengan jarak dari pusat kota sekitar 23 Km. Gua sarang dengan keindahan gua alam yang sangat menarik dan dihuni oleh burung laut dan reptilia belum banyak dikunjungi para wisatawan lokal maupun mancanegara karena tempatnya yang tertutup dan dikelilingi hutan lindung.
  1. Lhong Angen
Lhong angen merupakan salah satu objek wisata di kawasan Sabang yag terletak di Kecamatan sukakarya dengan luas area 300m2 dengan jarak dari pusat kota sekitar 25 Km, memiliki potensi sumber daya alam yang sangat potensial untuk dikembangkan.
  1. Batee Dua Gapang
Batee Dua Gapang merupakan gugusan batu karang yang begitu menajubkan. Dengan peralatan snorkeling atau diving, pengunjung dapat memulai petualangannya dari ke dalaman 30 meter mengarah ke terumbu dangkal arah ke pantai. Di sini banyak ditemui spesies ikan seperti ikan kalajengking (scorpion fishes), lionfish, frog fishes, see razor fishes, dan kumpulan ikan kupu-kupu. Khusus pada bulan September, Oktober, dan November penyelam juga dapat melihat hiu dan paus.
  1. Batee Meuroron
Batee Meuroron jaraknya sekitar 5 menit dari Pantai Gapang. Di tempat ini, penyelam dapat menyaksikan bebatuan dengan arus yang kuat. Namun, keunikan dari tempat ini pengunjung dapat melihat ikan badut (clown fishes), karang raksasa, ikan pari, penyu, berbagai jenis belut moray, dan kakap hitam.
  1. Rubiah Seagarden
Pulau Rubiah dengan luas 2.600m2, terdapat berbagai jenis terumbu karang serta ratusan jenis ikan hias di dalamnya. Di lokasi ini penyelam menyaksikan terumbu karang berwarna-warni. Juga penyelam bisa menjumpai nudibranch berwarna, cacing pipih, belut moray (honeycomb morays) dan moray blotched hitam yang sering bersarang di karang-karang berwarna di dasar laut.

  1. Arus Balee
Tidak jauh dari Rubiah Utara, kita akan sampai di Arus Balee yakni puncak berbatu yang terletak di antara Pulau Seulako dan Rubiah. Di lokasi ini sering ditemui berbagai jenis hiu. Tempat menyelam ini sangat popular bagi kalangan penyelam karena terdapat kaleidoskopik warna, ratusan ikan fusilier terang, dan belut pita biru.
  1. Seulako Drift
Para penyelam sering menyebutnya "flying while diving". Dengan kemiringan curam dan panjang penyelam masuk dari arah selatan pulau dan drift sepanjang pulau di utara. Selama menyelam, kita bisa melambung di atas batu karang keras dan karang kulit lembut. Meletakkan tangannya di atas beberapa batu, membiarkan arus mendorong dan menjungkir balik tubuh.
  1. Batee Tokong dan Shark Plateau
Menuju lokasi ini memerlukan waktu sekitar 20 menit dengan menggunakan perahu. Di tempat ini, ditemukan berbagai macam belut moray yang jarang ditemui di dunia. Seperti giant, fimbriated, white eye, snowflake, whitemouth, yellowhead, serta zebra and yellow margined. Juga ada belut pita biru (blue ribbon), honey comb morays,  dan  berbagai belut raksasa varietas lokal serta moray bertopeng.
  1. Pantee Idheu
Pantee Idheu, perairan yang dangkal sepanjang 100 meter dari bibir pantai. Pantai ini memiliki karang dan batu-batu besar yang ditutupi oleh gorgonia besar, karang spons, dan karang cabang. Lokasi ini dipenuhi dengan ikan-ikan napoleon dan ikan-ikan air dangkal lainnya.
  1. Batee GLA (Slippery Rock)
Sesuai dengan namanya, lokasi ini dipenuhi dengan bebatuan layaknya punggung bukit,  permukaan miring dan terus menurun hingga ke dalaman lebih dari 40 meter. Penyelam seolah-olah terbang di atas punggung gunung. Pada ke dalaman 18 meter, penyelam akan menemukan belut moray menyembulkan kepala keluar dari sarangnya. Di lokasi ini juga banyak ditemui ikan parrot bumphead.
  1. "The Canyon"
Tempat penyelaman ini merupakan lokasi diving yang paling diminati oleh wisatawan mancanegara. Di lokasi yang dipenuhi dengan batu-batu besar bagai ngarai di dalam laut. Untuk lokasi ini termasuk titik penyelaman yang dalam dan menantang. Sebab, dilokasi ini penyelam sering dikejutkan kehadiran ikan barakuda.
  1. Pantee Peunateungni
Lokasi ini juga termasuk lokasi yang dalam untuk diselami dan berbahaya bagi penyelam pemula. Butuh penyelam yang benar-benar ahli untuk dapat menikmati pemandangan bawah lautnya. Di sini juga sering melintas ikan barakuda, bobara, belut moray, gurita, nudibranch, lobster, dan napoleon.
  1. Limbo Gapang
Lokasi ini tidak jauh dari pantai Gapang. Anda bisa menyelam menikmati alam bawah lautnya yang banyak ditemui ikan-ikan indah seperti nudibranch, cacing pipih, karang jamur, dan kura-kura.


  1. WW II Wreck "Sophie Rickmers"
Tempat ini merupakan salah satu situs sejarah peninggalan perang dunia ke II. Tidak jauh dari Teluk Pria Laot, penyelam dapat melihat kapal barang bernama "Sophie Rickmers".  dengan panjang 134 meter, telah duduk manis di dasar laut.
Untuk menyelam di lokasi ini, hanya penyelam berpengalaman yang disarankan untuk menjelajahi kapal barang tersebut. Selain karena butuh dekompresi khusus,  kapal cargo itu juga telah menjadi sarang berbagai spesies laut. Seperti ikan kerapu raksasa, belut moray raksasa, bobara raksasa, ikan bendera, angel fish hitam, dan ikan unicorn.
  1. Air Panas
Tidak jauh dari lokasi "Sopie Rickmers", biasanya penyelam akan singgah di "Hot Spring Bubbles of the Underwater Volcano". Lokasi ini merupakan tempat yang langka dan tidak ditemui di banyak daerah di Indonesia. Karena penyelam dapat merasakan hangatnya air laut karena terdapat gunung api bawah laut. Sementara itu dari dasar laut, terlihat  gelembung-gelembung udara yang keluar, pemandangan yang manakjubkan.
  1. Tugboat (Kapal Tunda)
Tugboat merupakan lokasi penyelaman makro yang sangat santai dan ideal untuk penyelaman dangkal pada sore atau malam hari. Di lokasi ini terdapat sebuak bangkai kapal kapal tunda yang tergeletak pada ke dalaman 14 meter. Selain itu penyelam juga bisa menjumpai berbagai spesies ikan seperti spot pipe fish, ghost pipefish, crocodile fish, lobsters berduri, nudibranchs, cleanershrimps, lionfish, dan berbagai jenis ikan kecil lainnya.
  1. Sumur Tiga
Sumur Tiga, menjadi tempat penyelaman yang terkenal masih asli dan belum tersentuh tangan-tangan jahil. Beningnya air laut di daerah ini, membuat para penyelam merasa nyaman saat bersantai di dasar karang lautannya. Sesekali, penyelam juga dapat melihat lumba-lumba yang melintas.
  1. Anoi Hitam
Anoi Itam (pasir itam) juga merupakan situs baru bagi para penyelam. Di situs baru ini penyelam akan banyak menjumpai banyak jenis ikan dan menikmati kepadatan batu karang yang luar biasa dari semua jenis karang acropora keras di air dangkal.
  1. Batee Meuduro
Butuh waktu sekitar 70 menit untuk sampai ke sisi selatan Pulau Weh. Namun, waktu itu tentu tidak akan sia-sia, karena tempat ini paling top untuk diselami. Di daerah ini, visibilitas biasanya sangat baik.

Ada 21 potensi pariwisata di kawasan Sabang. Untuk menikmati keindahan bawah lautnya, Anda bisa mendatangi operator diving dansnorkeling yang ada di Sabang, seperti Pulau Weh Diver, Rubiah Tirta Dive Center, Lumba-Lumba Diving Center, dan Steva Sea Sport.

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply

Kerajaan